You are currently viewing Qiskit Camp Asia 2019

Qiskit Camp Asia 2019

Qiskit Camp Asia 2019 adalah camp yang dibuat untuk mengasah komputasi kuantum untuk orang-orang di seluruh asia. Pada 2019, Qiskit Camp Asia diselenggarakan di Jepang, Tepatnya di Hoshino Resort Resonare Jepang. Dalam acara Qiskit Camp, peserta akan dikenalkan pada komputasi kuantum menggunakan “Qiskit”. Qiskit adalah perangkat lunak komputasi kuantum yang dibuat oleh IBM-Q yang dapat digunakan secara online di seluruh dunia.

Hari pertama acara Qiskit Camp ini terdiri dari penjelasan tentang perangkat lunak Qiskit, lalu ditampilkan project dari Qiskit Camp sebelumnya di gedung IBM Headquarter Tokyo, Jepang. Setelah itu peserta dibawa menuju lokasi camp menggunakan bis. Di lokasi, peserta akan diberi games berupa tantangan-tantangan yang harus diselesaikan dalam waktu 1 jam. Setelah games selesai, peserta akan diberi makan malam lalu ada penjelasan acara dan komputasi kuantum oleh panitia dari IBM Jepang.

Pada hari kedua peserta yang memiliki ide project akan mempresentasikan idenya untuk mencari orang-orang yang tertarik pada prject tersebut. Setelah itu peserta akan masuk ke kelompok-kelompok setiap project dengan jumlah anggota 3-5 orang. Saya memilih bergabung ke kelompok dengan project “Quantum Neural Network” atau Artificial Neural Network berbasis komputasi kuantum. Kelompok ini terdiri dari 5 orang yaitu Saya, Toufan(Indonesia), Yuto(Jepang), Yudai(Jepang) dan Chii-Chang Chen(Taiwan). Dalam pengerjaan project ini, kami disediakan pembimbing dari IBM untuk membantu pengerjaan project.

Project ini terinspiasi dari Machine Learning yang semakin banyak digunakan saat ini. Kami menggunakan komputasi kuantum untuk meningkatkan efisiensi dalam pemrosesan. Pada hari pertama pengerjaan project ini kami cukup kesulitan karena belum mengerti pengimplementasian Neural Network ini dalam komputasi kuantum. Namun setelah itu kami dibantu oleh pembimbing sehingga kami dapat melanjutkan project tersebut.

Pada hari kedua pengerjaan project kami melanjutkan pengerjaan sampai mendapat hasil terbaik. Kami membuat QNN belajar tentang gerbang logika AND. Pada percobaan pertama kami mendapatkan hasil yang cukup memuaskan yaitu akurasi 86%. Setelah program diperbaiki, akurasi yang didapat menjadi cukup akurat yaitu 96%. Setelah semua menyelesaikan projectnya masing-masing. Setiap kelompok akan mempresentasikan hasil dari pengerjaan projectnya. Pada malamnya diadakan penghargaan untuk menentukan project yang terbaik. Kelompok dengan project terbaik akan mendapat undangan untuk mengikuti acara Qiskit Camp selanjutnya. Walaupun kami tidak berhasil menjadi kelompok dengan project terbaik, kami mendapat banyak pelajaran dari pengerjaan project ini. Selain itu kami mendapat banyak relasi yang sama-sama belajar tentang komputasi kuantum.

Leave a Reply